Program Beasiswa S1 dan S2 Tanoto FoundationBerita Ngampus - Tanoto Foundation sebagai salah satu mitra Universitas Hasanuddin (Unhas) akan membuka program National Champion Scholarship tahun 2014 bagi mahasiswa S1 dan S2 Unhas. Bertempat di Gedung Pertemuan Ilmiah (GPI) Unhas, Head of Scholarship Program Tanoto Foundation, Tonny Victor Hasibuan didampingi oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Ir. Nasaruddin Salam, MT menjelaskan mengenai persyaratan aplikasi serta tahapan seleksi bagi para calon pelamar, selasa (3/12).
Program beasiswa ini dikhususkan kepada mahasiswa S1 dan S2 yang memiliki prestasi akademik dan memiliki potensi kepemimpinan tinggi, namun memiliki keterbatasan finansial.

“Program beasiswa ini penting untuk mahasiswa apalagi untuk mahasiswa S2 Unhas dengan jumlah beasiswa yang belum terlalu banyak. Untuk beasiswa S2, Unhas baru akan mulai tahun ini karena kita sudah bermitra dengan Tanoto,”tutur Nasaruddin.

Untuk studi S1 sendiri, Tanoto Foundation sudah bermitra dengan 9 perguruan tinggi di Indonesia, yakni IPB, ITB, UGM, UNHAS, UI, UNJA, UNMUL, UNRI,  dan USU. Sedangkan untuk studi S2, Tanoto telah bermitra dengan 5 perguruan tinggi, yakni IPB, ITB, UGM, UI, dan USU. Unhas sendiri akan menjadi mitra keenam Tanoto Foundation untuk program beasiswa ini di tahun depan.

Program Beasiswa S1 dan S2 Tanoto Foundation
Program Beasiswa S1 dan S2 Tanoto Foundation


Tonny V. Hasibuan menjelaskan bahwa program ini akan dibuka secara resmi sejak Desember 2013 hingga Januari 2014 nanti. “Buat mahasiswa yang ingin mendaftar, dapat melihat informasi detilnya di website kami www.tanotofoundation.org dan dapat langsung mengunduh formulir aplikasinya,” ujar Tonny.

Untuk kuota sendiri Tanoto Foundation tidak memberikan batasan jumlah penerima beasiswa. Menurut Tonny Hasibuan, kuota itu ditentukan berdasarkan hasil psikotes, jika calon pelamar termasuk kategori recommended maka akan lolos ke tahap wawancara. Sedangkan yang masuk kategori not recommended tidak akan masuk ke tahap berikutnya.

Bagi mahasiswa S1 yang ingin memperoleh beasiswa, minimal masih semester 1 dan maksimal semester 5.  Sedangkan bagi mahasiswa S2, maksimal masih semester 1. Dalam program ini, mahasiswa S1 akan mendapatkan biaya kuliah setiap semester sampai dengan semester ke VIII sebesar Rp. 5.000.000,- dengan tunjangan bulanan Rp. 600.000 per bulan. Sedangkan untuk jenjang S2 akan mendapatkan bantuan biaya kuliah sebesar Rp. 15.000.000 per semester hingga semester VI dengan tunjangan bulanan sebesar Rp. 1.200.000. 

Penerimaan beasiswa akan diberikan pada semester ganjil berikutnya dan akan mendapatkan evaluasi di tiap semesternya untuk melihat apakah masih pantas untuk menerima beasiswa pada semester berikutnya.

National Champion Scholarship akan memberikan peluang bagi penerima beasiswa Tanoto dengan bidang studi yang sesuai untuk bekerja di perusahaan yang menjadi mitra korporasi Tanoto Foundation khususnya APRIL, Asian Agri dan Royal Golden Eagle (RGE) Group.


Untuk pelamar yang ingin mengumpulkan berkasnya dapat membawa langsung atau menanyakannya ke bagian kemahasiswaan Unhas.

Original Posted: Unhas.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top